Selasa, 25 Mei 2010

Gula Bikin Kegemukan dan Kecanduan




Selain bikin gemuk, bahaya mengonsumsi gula berlebihan adalah kecanduan. Penelitian di Princeton University membuktikan, tikus-tikus yang diberi gula mengalami kecanduan sampai berminggu-minggu, ketika mereka tak diberi gula lagi. Meski demikian, penelitian ini belum dilakukan pada manusia.

Berikut kiat mengurangi konsumsi gula:
1. Jangan lewatkan waktu makan
Ketika kita melewatkan waktu makan, tingkat energi akan menurun. Akibatnya, tubuh mulai ngidam makanan kaya gula agar segera memberi tambahan energi. Strateginya adalah makan dengan porsi kecil tapi sering agar tubuh tidak tiba-tiba drop.

2. Pilih gula alami
Saat ingin makan es krim, cokelat, permen, atau cake, ambillah potongan buah manis. Selain memuaskan rasa dahaga kita akan rasa manis, buah juga kaya serat yang berguna menurunkan penyerapan gula dalam tubuh dan menjaga gula darah tidak naik terlalu cepat.

3. Cari pengganti yang sehat
Ada sejumlah pengganti gula di pasaran seperti aspartam. Pemanis buatan ini secara umum aman untuk dikonsumsi.

4. Sikat gigi dan kumur
Segera sikat gigi dan kumur setelah mengonsumsi makanan manis. Selain mencegah gigi berlubang, makanan manis tidak terasa enak setelah kita gosok ini. Ini akan bikin kita malas makan manis lagi.

5. Jangan simpan si manis
Kalau ada makanan manis di kulkas, godaan untuk mengonsumsi semakin besar. Jadi, simpan saja buah-buahan.

6. Jalan-jalan
Ganti dessert dengan jalan-jalan setelah makan. Mengonsumsi gula dapat meningkatkan serotonin, yang bisa menambah rasa bahagia. Jalan-jalan sejenak punya efek sama terhadap serotonin, malah lebih sehat. (GHS/est)

by Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar